Sunday, August 1, 2010

ABouT KERAWANG

Banyak pelanggan yang selalu bertanya pada saya, apakah itu kerawang? apa beza kerawang dengan sulam? Kain kerawang itu harganya sangat mahal? Disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan seputar kerawang dan sulaman.Tulisan ini mengambil sumber dari berbagai sumber

kerawang halus khas Bukittinggi adalah sulaman halus dengan “lubang lubang” yang terbentuk dari jalinan benang sulam. Lubang lubang inilah yang disebut dengan kerawang. Pembuatan kerawang ini adalah suatu proses yang rumit serta menyita waktu. Seorang pemsulam harus memperhitungkan “tarikan” benang ke kain ( bahan dasar ). Apabila tarikan benang terlalu tegang, maka kain disekitar kerawang akan “mengkerut”. Apabila tarikan benang kurang tegang, maka jalinan kerawang akan tidak “padat” dan “rapat”, serta mudah putus kerana ketegangan benang sulam tidak sama.

Selain itu, dalam pembuatan kerawang yang berukuran kecil, seorang penyulam harus memperhatikan ukuran jalinan antar kerawang, kerana pembuatan kerawang adalah suatu proses yang memiliki “point of no return“. Jalinan kerawang tersebut sebenarnya terdiri dari jalinan benang bodir serta bagian bahan dasar yang dipilin untuk menjadi tepi kerawang. Apabila jalinan ini putus, maka hal ini tidak bisa diperbaiki kerana bahan dasar yang terpilin untuk membentuk jalinan kerawang tersebut juga ikut terputus

( robek ). Juga kerawang kerawang ini haruslah dibuat dengan mengikuti ukuran serta jalur ( path ) dari disain sulam secara keseluruhan. Sedikit sahaja terjadi kesalahan perhitungan maka jalur disain sulam tidak akan bisa dipertemukan dengan tepat sehingga hasil sulaman akan terlihat “senjang” (timpang)

Saking rumitnya pembuatan sulam kerawang halus khas Bukittinggi ini, ada yang menyebut bahwa sulaman ini bukan sekedar sulaman, tapi sudah merupakan karya seni (piece of art), yang bukan sahaja amat pantas untuk dipakai, tapi juga pantas digunakan sebagai hiasan rumah.

Dahulu proses pembuatan sulam kerawang halus ini sepenuhnya dikerjakan dengan tangan ( 100% purely handmade ). Tingkat kesalahannya tinggi kerana manusia memiliki faktor kelemahan daya tahan serta kelelahan, apalagi mengerjakan sesuatu yang rumit dan serba kecil kecil. Untuk mendapatkan sulaman yang 75 % error free bisa memakan waktu hingga tiga bulan bahkan lebih. Namun rumitnya proses serta lamanya waktu pembuatan sebanding dengan keindahan sulaman yang dihasilkan.

DanishaBangiSulamdanKerawang

No comments:

Post a Comment